Lactic Acid Fermentation

Lactic Acid Fermentation adalah proses metabolisme dimana glukosa beserta gula enam-karbon lainnya (disakarida gula enam-karbon, misalnya sukrosa atau laktosa) akan diubah menjadi energi seluler dan metabolit laktat, yang merupakan asam laktat dalam larutan. Ini adalah reaksi fermentasi anaerob yang terjadi pada beberapa bakteri dan sel hewan, seperti sel otot.

lactic acid fermentation

Jika oksigen ada dalam sel, banyak organisme akan mem-bypass fermentasi dan menjalani respirasi sel; namun, organisme anaerob fakultatif akan berfermentasi dan mengalami respirasi di hadapan oksigen. Kadang-kadang bahkan ketika oksigen ada dan metabolisme aerobik terjadi di mitokondria, jika piruvat menumpuk lebih cepat daripada yang dapat dimetabolisme, fermentasi akan tetap terjadi.

Laktat dehidrogenase mengkatalisis interkonversi piruvat dan laktat dengan interkonversi NADH dan NAD + secara bersamaan.

Dalam Fermentation homolaktik, satu molekul glukosa pada akhirnya dikonversi menjadi dua molekul asam laktat. Fermentasi heterolactic, sebaliknya, menghasilkan karbon dioksida dan etanol di samping asam laktat, dalam proses yang disebut jalur fosfoketolase.

Lactic Acid Fermentation