Food and Nutritions

Makanan adalah zat yang dikonsumsi untuk memberikan dukungan nutrisi bagi organisme. Makanan biasanya berasal dari tumbuhan atau hewan, dan mengandung nutrisi penting, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, atau mineral. Substansi ini tertelan oleh organisme dan berasimilasi dengan sel organisme untuk memberikan energi, mempertahankan hidup, atau merangsang pertumbuhan.

Secara historis, manusia mengamankan makanan melalui dua metode: berburu dan mengumpulkan dan pertanian, yang memberikan manusia modern yang terutama omnivora Diet. Di seluruh dunia, kemanusiaan telah menciptakan berbagai masakan dan seni kuliner, termasuk beragam bahan, bumbu, bumbu, teknik, dan hidangan.

Saat ini, mayoritas energi makanan yang dibutuhkan oleh penduduk dunia yang terus meningkat dipasok oleh industri makanan. Keamanan pangan dan ketahanan pangan dipantau oleh lembaga seperti Asosiasi Internasional untuk perlindungan pangan, World Resources Institute, program pangan dunia, organisasi pangan dan pertanian, dan Dewan informasi makanan internasional. Mereka mengatasi masalah seperti keberlanjutan, keanekaragaman hayati, perubahan iklim, gizi ekonomi, pertumbuhan penduduk, pasokan air, dan akses ke makanan.

Hak untuk makanan adalah hak asasi manusia yang berasal dari Kovenan Internasional hak ekonomi, sosial dan budaya (ICESCR), mengakui “hak untuk standar hidup yang memadai, termasuk makanan yang memadai”, serta “hak dasar untuk bebas dari kelaparan”.